Senin, 31 Maret 2008

MENINGKATKAN KUALITAS JURNAL ILMIAH


Pada tanggal 27-30 Maret 2008 lalu, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN) Yogyakarta yang menerbitkan Jurnal Ilmiah Terakreditasi (Jurnal Akuntansi & Manajemen atau JAM dan Jurnal Ekonomi & Bisnis atau JEB) mengirimkan Editorial Secretary JAM dan JEB (Drs. Rudy Badrudin, M.Si.) untuk mengikuti kegiatan Seminar Lokakarya tentang Penulisan Artikel pada Jurnal Nasional dan Internasional serta Pengelolaan Jurnal Terakreditasi. Kegiatan Seminar Lokakarya yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UNM) di Batu Malang tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun artikel ilmiah sesuai dengan persyaratan tata tulis pada jurnal nasional dan internasional serta dalam mengelola jurnal ilmiah terakreditasi. Beberapa penyaji materi dalam acara tersebut yang juga menjadi evaluator dalam akreditasi jurnal nasional di antaranya adalah Prof. H. Ali Saukah, M.A., Ph.D. dan Prof. H. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D. Di samping itu, juga hadir penyaji Prof. Dr. H.A. Mukhadis, M.Pd. dan Dr. Suyono, M.Pd. yang menjelaskan bagaimana pengalaman mengelola jurnal ilmiah terakreditasi di lingkungan UNM.

Data Direktorat Penelitian Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menunjukan bahwa pengajuan akreditasi jurnal ilmiah pada periode Agustus 2007 yang diajukan oleh lebih kurang 110 jurnal ilmiah dari lebih kurang 110 PTN dan PTS di Indonesia hanya mampu meloloskan 11 jurnal ilmiah (10%) untuk memperoleh akreditasi dengan nilai B. Tidak ada satupun jurnal ilmiah yang mampu meraih nilai akreditasi A. Mengapa hanya 10% yang mampu? Penyaji Prof. H. Ali Saukah, M.A., Ph.D. dan Prof. H. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D. selaku evaluator dalam akreditasi jurnal nasional dan Prof. Dr. H.A. Mukhadis, M.Pd. dan Dr. Suyono, M.Pd. selaku pengelola jurnal ilmiah terakreditasi menjelaskan secara rinci hal tersebut dalam topik Anatomi Artikel Ilmiah, Gaya Penulisan Artikel Ilmiah, dan Tata Tulis Artikel Ilmiah. Pada acara tersebut, Drs. Rudy Badrudin, M.Si. sebagai Editorial Secretary JAM dan JEB melakukan sharing opinion kepada para penyaji dan peserta Seminar Lokakarya bagaimana pengalaman dalam mengelola JAM dan JEB STIE YKPN Yogyakarta.

JAM dan JEB STIE YKPN Yogyakarta dimaksudkan sebagai media aktualisasi karya ilmiah baik berupa kajian ilmiah maupun hasil penelitian di bidang akuntansi, manajemen, dan ekonomi. JAM merupakan jurnal ilmiah bidang akuntansi dan manajemen Terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 26/DIKTI/Kep/ 2005 dengan Nilai B, sedang JEB merupakan jurnal ilmiah bidang ekonomi dan bisnis dalam proses penilaian Terakreditasi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Untuk menulis artikel ilmiah, kita harus mengutip dari berbagai sumber dan menyebutkannya sebagai referensi. Gampang sih membuat referensi (misalnya daftar pustaka), hanya saja menghabiskan waktu, karena kita harus mencocokkan dengan kutipan di dalam artikel. Untuk memudahkan pengelolaan daftar pustaka ini, ada softwarenya, yaitu EndNote. Saya kasihan kalau ada penulis jurnal tidak menggunakan program semacam ini. Beberapa teman menghabiskan berjam2 utk menyusun daftar pustaka, sementara, dgn program ini, semenitpun tidak saya perlukan untuk membuat daftar pustaka yang berisi 40-50-an sumber. Nah, saya sudah menulis buku panduan EndNote (lihat di http://maswing.wordpress.com/2007/08/12/mudah-menulis-makalah-dengan-program-endnote/ deh) dan sudah beredar di toko2 buku (cuma Rp20.000 kok). Sabtu 29 Maret 2008 saya jadi nara sumber pelatihan di Pascasarjana Ilmu Akuntansi, UI.